Rabu, 30 September 2015

INSTRUMEN ASSESSMENT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

INSTRUMEN ASSESSMENT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
   Materi Praktek    : Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya
   Kelas/Semester  : VII/II

No
Komponen
Target
Indikator
Hasil Pengamatan
Saran Tindak Lanjut
A.
Kegiatan Pendahu-luan
Melakukan apersepsi, motivasi, penyampai-kan tujuan
1.    Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya
2.    Mengajukan pertanyaan menantang, menyampaikan manfaat materi pembelajaran, dan/atau mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan tema
3.    Mengecek perilakuawal (entry behaviour)
4.    Menyampaikan  tujuan/kompetensi yang akan dicapai peserta didik.
1.  Guru telah mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pembelajaran sebelumnya
2.guru telah mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan tema





3.guru telah mengecek perilaku awal (entry behaviour)
4.gurumenyampaikantujuan/kompetensi yang akan dicapai peserta didik.
1.      Hendaknya guru memberikan contohnya

2.      baik





3.      pengecekan tersebut harusnya satu persatu

4.            -


B.

Kegiatan Inti
1.    Menguasai Materi Pelajaran
1.    Menyajikan materi yang secara konsep benar (dalam berbagai cara penyajian, misalnya bertanya, menjelaskan, dll) 
2.    Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.
3.    Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan iptek , dan kehidupan nyata.
4.    Menyajikan materi secara sistematis  (jelas, dari mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
1 .gurumenyajikan materi yang secara konsep benar (dalam penyajian, misalnya bertanya, menjelaskan.
2 .guru mampu menyesuaikan materi dengan tujuan
pembelajaran.
3 .gurumampu mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan iptek , dan kehidupan nyata.
4. gurumenyajikan materi secara sistematis  (jelas, dari mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak).
1 dalam memberikan pertanyaan tidak hanya cukup 1 siswa saja

2.      dipertahankan




3.       sudah ada





4.      Guru sudah baik, tapi tidak terpaku teks yang dibawanya




5.    Menerap-kan Strategi
Pembelajar-an yang mendidik
1.    Melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
2.    Menerapkan strategi-strategi mengajar yang relevan (bertanya, variasi, menjelaskan, dll)
3.    Melakukan kegiatan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (5 M)
4.    Melakukan kegiatan pembelajaran secara kontekstual.
1 guru melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
2gurumampumenerapkan strategi-strategi mengajar yang relevan (bertanya, variasi, menjelaskan)
3 guru melakukan kegiatan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (5 M)
4.            -
1           -



2            -




3.3dudah ada, tinggal pertahankan





4           -



6.    Menerap-kan pendeka-tan pem-belajaran saintifik (pendekatan berbasis proses keilmuan)
1.    Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati untuk menemukan masalah yang ingin diketahui.
2.    Memancing/memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan pertanyaan.
3.    Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba dan mengolah/menganalisis informasi untuk membuat kesimpulan.
4.    Memfasilitasi peserta didikmengomunikasikan pengetahuan yang diperolehnya
1. gurutelah Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati serta menemukan masalah yang ingin diketahui.
2.gurutelah memancing/memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan pertanyaan.
3.gurumemfasilitasi peserta didik untuk mencoba danmengolah/menganalisis informasi untuk membuat kesimpulan
4. guru memfasilitasi peserta didikmengomunikasikan pengetahuan yang diperolehnya.
11guru sudah melakukan





2             -



33yang ada.






4           -
7.    Menerap kan Pembe-lajaran Terpadu Intra mata pelajaran IPS
1.    Menyajikan pembelajaran IPS secara terpadu oleh satu orang guru.
2.    Menerapkan keterpaduan antar konsep IPS dalam bentuk tematik atau menghubungkan konsep satu dengan konsep lain yang berbeda
3.    Menerapkan pembelajaran berbasis projek tematik atau keterpaduan antar konsep dalam pelajaran IPS.
4.    Memanfaatkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran yang menerapkan keterpaduan IPSdalam bentuk tematik atau menghubungkan konsep satu dengan konsep lain yang berbeda.
1. penyajikan pembelajaran IPS secara terpadu dilakukan oleh satu orang guru
2. guru mampu menghubungkan konsep satu dengan konsep lain yang berbeda


3.guru mampumenerapkan pembelajaran berbasis projek tematik

4.gurumampu Memanfaatkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran yang menerapkan keterpaduan IPS dalam bentuk tematik
1    melihat efektifnya 2 orang guru.



2. guru masih terpaku pada teks tulisan yang dibawanya





3          -





4           -

8.    Memanfa-atkan Sumber Belajar/
Media dalam Pembelajar-an
1.    Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.
2.    Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran yang bervariasi.
3.    Menghasilkan pesan yang menarik melalui penggunaan media pembelajaran.
4.    Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar dan media pembelajaran.
1.gurumenunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran
2. gurutelah  menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran yang bervariasi.
3.gurumampumenghasilkan pesan yang menarik melalui penggunaan media pembelajaran.
4.guru melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar dan media pembelajaran.
1ada berupa laporan yang dibuat oleh siswanya sendiri

2ya, berupa latihan di LAB



3.setelah dari lab itu kemudian guru telah menyimpulkannya.
4.ya, berupa hasil-hasil dr lep.dilapangan kemudian ditempelkan dipapan tulis dan tembok
9.    Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajar-an
1.    Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik (mental, fisik, dansosial) melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
2.    Merespon positif partisipasi peserta didik.
3.    Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.
4.    Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar.
1. gurudapat menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik (mental, fisik, dan sosial) melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.         2.gurutelahmerespon positif partisipasi peserta didik.
3.gurutelahmenunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik 4.gurumenumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar
11.ya, berupa menunjuk perwakilan dr masing-masing kelompoknya.



2.ya, guru dgn memberikan konfirmasi
3.terbuka tetapi Cuma menunjuk pada satu siswa saja
4.ya, berupa jawaban yang telah direspon oleh siswa
10.                  Mengguna-kanBahasa yang BenardanTepatdalamPembelajar-an
1.    Menggunakanbahasa lisansecararuntut.
2.    Menggunakanbahasalisansecarajelas, danlancar.
3.    Menggunakanbahasatulis yang dapatdibacadenganmudah
4.    Menggunakanbahasatulis yang baikdanbenar.
1.             -
2.gurumenggunakanbahasalisansecarajelas, danlancar.
3.            -



4.             -

1sudah baik

2           benar



3            -



4benar berupa penyipulan
C.
Penutup Pembelajar-an 
Menerap-kan langkah menutup pelajaran
1.    Membuatrangkumandenganmelibatkanpesertadidik.
2.    Melakukan refleksi yang mengaitkan materi pelajaran dengan sikap spiritual dan sosial
3.    Memfasilitasi pengumpulan hasilkerjapeserta didik sebagaibahanportofolio mereka.
4.    Memberitindaklanjutdenganmemberikanarahankegiatanberikutnyadan/atautugaspengayaandan/atauremedi.
1.gurumembuatrangkumandenganmelibatkanpesertadidik.
2. guru melakukan refleksi yang mengaitkan materi pelajaran dengan sikap spiritual dan sosial                          3.gurumemfasilitasi pengumpulan hasilkerjapeserta didiksebagaibahanportofolio mereka.
4.            -

1.sudah baik

2.benar





3             -




4baiknya guru memberikan tugas PR agar siswa tetap belajar di rumah

Semarang,  17 September 2015

                                                                                         (SIHA ABDUROHIM)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar