INSTRUMEN ASSESSMENT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas/Semester : VII/II
No
|
Komponen
|
Target
|
Indikator
|
Hasil Pengamatan
|
Saran Tindak Lanjut
|
A.
|
Kegiatan
Pendahu-luan
|
Melakukan apersepsi, motivasi, penyampai-kan tujuan
|
1.
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta
didik atau pembelajaran sebelumnya
2.
Mengajukan pertanyaan menantang, menyampaikan manfaat materi
pembelajaran, dan/atau mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan tema
3.
Mengecek perilakuawal (entry behaviour)
4.
Menyampaikan tujuan/kompetensi yang akan dicapai peserta
didik.
|
1. Guru telah mengaitkan materi pembelajaran
sekarang dengan pembelajaran sebelumnya
2.guru telah mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan tema
3.guru telah mengecek perilaku awal (entry behaviour)
4.gurumenyampaikantujuan/kompetensi
yang akan dicapai peserta didik.
|
1.
Hendaknya guru memberikan contohnya
2.
baik
3.
pengecekan tersebut harusnya satu persatu
4.
-
|
B.
|
Kegiatan Inti
|
1.
Menguasai Materi Pelajaran
|
1. Menyajikan materi yang secara konsep
benar (dalam berbagai cara penyajian, misalnya bertanya, menjelaskan,
dll)
2. Kemampuan menyesuaikan materi dengan
tujuan pembelajaran.
3. Kemampuan mengkaitkan materi dengan
pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan iptek , dan kehidupan nyata.
4.
Menyajikan materi secara sistematis (jelas, dari mudah ke sulit, dari konkrit
ke abstrak)
|
1 .gurumenyajikan materi yang secara
konsep benar (dalam penyajian, misalnya bertanya, menjelaskan.
2 .guru mampu menyesuaikan materi
dengan tujuan
pembelajaran.
3 .gurumampu mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang
relevan, perkembangan iptek , dan
kehidupan nyata.
4. gurumenyajikan materi secara sistematis (jelas, dari mudah ke sulit, dari konkrit
ke abstrak).
|
1 dalam memberikan pertanyaan tidak hanya cukup 1 siswa saja
2.
dipertahankan
3.
sudah ada
4.
Guru sudah baik, tapi tidak terpaku teks yang
dibawanya
|
5.
Menerap-kan Strategi
Pembelajar-an yang mendidik
|
1. Melakukan kegiatan pembelajaran
sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
2. Menerapkan strategi-strategi
mengajar yang relevan (bertanya, variasi, menjelaskan, dll)
3. Melakukan kegiatan pembelajaran yang
menerapkan pendekatan saintifik (5 M)
4. Melakukan kegiatan pembelajaran
secara kontekstual.
|
1 guru melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang
akan dicapai
2gurumampumenerapkan strategi-strategi mengajar yang relevan
(bertanya, variasi, menjelaskan)
3 guru melakukan kegiatan pembelajaran yang menerapkan pendekatan
saintifik (5 M)
4. -
|
1 -
2 -
3.3dudah ada, tinggal pertahankan
4 -
|
||
6.
Menerap-kan pendeka-tan pem-belajaran saintifik (pendekatan
berbasis proses keilmuan)
|
1. Memfasilitasi peserta didik untuk
mengamati untuk menemukan masalah yang ingin diketahui.
2. Memancing/memfasilitasi peserta
didik untuk merumuskan pertanyaan.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk
mencoba dan mengolah/menganalisis informasi untuk membuat kesimpulan.
4.
Memfasilitasi peserta didikmengomunikasikan
pengetahuan yang diperolehnya
|
1. gurutelah Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati serta
menemukan masalah yang ingin diketahui.
2.gurutelah memancing/memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan
pertanyaan.
3.gurumemfasilitasi peserta didik untuk mencoba danmengolah/menganalisis
informasi untuk membuat kesimpulan
4. guru memfasilitasi peserta didikmengomunikasikan pengetahuan yang
diperolehnya.
|
11guru sudah melakukan
2 -
33yang ada.
4 -
|
||
7.
Menerap kan Pembe-lajaran Terpadu Intra mata pelajaran
IPS
|
1.
Menyajikan pembelajaran IPS secara terpadu oleh satu orang guru.
2.
Menerapkan keterpaduan antar konsep IPS dalam bentuk tematik atau
menghubungkan konsep satu dengan konsep lain yang berbeda
3.
Menerapkan pembelajaran berbasis projek tematik atau keterpaduan antar
konsep dalam pelajaran IPS.
4. Memanfaatkan
pendekatan saintifik dalam pembelajaran yang menerapkan keterpaduan IPSdalam
bentuk tematik atau menghubungkan konsep satu dengan konsep lain yang berbeda.
|
1. penyajikan
pembelajaran IPS secara terpadu dilakukan oleh satu orang guru
2. guru mampu menghubungkan konsep satu dengan konsep lain yang
berbeda
3.guru mampumenerapkan
pembelajaran berbasis projek tematik
4.gurumampu
Memanfaatkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran yang menerapkan
keterpaduan IPS dalam bentuk tematik
|
1 melihat efektifnya 2 orang guru.
2. guru masih
terpaku pada teks tulisan yang dibawanya
3 -
4 -
|
||
8.
Memanfa-atkan Sumber Belajar/
Media dalam Pembelajar-an
|
1. Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan sumber belajar pembelajaran.
2. Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan media pembelajaran yang
bervariasi.
3. Menghasilkan pesan yang menarik
melalui penggunaan media pembelajaran.
4. Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar dan media
pembelajaran.
|
1.gurumenunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran
2. gurutelah menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media
pembelajaran yang bervariasi.
3.gurumampumenghasilkan pesan yang menarik melalui penggunaan media
pembelajaran.
4.guru melibatkan peserta didik dalam
pemanfaatan sumber belajar dan media pembelajaran.
|
1ada berupa laporan yang
dibuat oleh siswanya sendiri
2ya, berupa latihan di
LAB
3.setelah dari lab itu
kemudian guru telah menyimpulkannya.
4.ya, berupa hasil-hasil
dr lep.dilapangan kemudian ditempelkan dipapan tulis dan tembok
|
||
9.
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajar-an
|
1.
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik (mental, fisik, dansosial)
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
2.
Merespon positif partisipasi peserta didik.
3.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.
4. Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar.
|
1. gurudapat menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik (mental,
fisik, dan sosial) melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar. 2.gurutelahmerespon
positif partisipasi peserta didik.
3.gurutelahmenunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik 4.gurumenumbuhkan
keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar
|
11.ya, berupa menunjuk perwakilan dr masing-masing kelompoknya.
2.ya, guru dgn memberikan
konfirmasi
3.terbuka tetapi Cuma
menunjuk pada satu siswa saja
4.ya, berupa jawaban yang
telah direspon oleh siswa
|
||
10.
Mengguna-kanBahasa yang
BenardanTepatdalamPembelajar-an
|
1.
Menggunakanbahasa lisansecararuntut.
2.
Menggunakanbahasalisansecarajelas, danlancar.
3.
Menggunakanbahasatulis yang
dapatdibacadenganmudah
4.
Menggunakanbahasatulis yang baikdanbenar.
|
1. -
2.gurumenggunakanbahasalisansecarajelas, danlancar.
3. -
4. -
|
1sudah baik
2 benar
3 -
4benar berupa penyipulan
|
||
C.
|
Penutup Pembelajar-an
|
Menerap-kan langkah menutup
pelajaran
|
1. Membuatrangkumandenganmelibatkanpesertadidik.
2. Melakukan
refleksi yang mengaitkan materi pelajaran dengan sikap spiritual dan sosial
3. Memfasilitasi
pengumpulan hasilkerjapeserta didik sebagaibahanportofolio mereka.
4. Memberitindaklanjutdenganmemberikanarahankegiatanberikutnyadan/atautugaspengayaandan/atauremedi.
|
1.gurumembuatrangkumandenganmelibatkanpesertadidik.
2. guru melakukan refleksi yang mengaitkan materi pelajaran dengan
sikap spiritual dan sosial 3.gurumemfasilitasi pengumpulan
hasilkerjapeserta didiksebagaibahanportofolio mereka.
4. -
|
1.sudah baik
2.benar
3 -
4baiknya guru memberikan
tugas PR agar siswa tetap belajar di rumah
|
Semarang,
17 September 2015
(SIHA ABDUROHIM)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar